Surat Lamaran Kerja CV

Surat Lamaran Kerja dan CV (Curriculum Vitae) yaitu daftar riwayat hidup, merupakan suatu perwakilan dalam bentuk tulisan yang mencerminkan kepribadian, sikap, ketrampilan dan pendidikan seseorang ketika akan mengajukan permohonan pekerjaan kepada perusahaan swasta atau instansi pemerintah.

Biasanya perusahaan yang kita minati akan menyeleksi para calon pekerja dengan mewajibkan membawa atau mengirimkan surat lamaran kerja via email dan itupun tergantung permintaan dari perusahaan tersebut.

Setelah menyelesaikan jenjang pendidikan terakhir, kebanyakan orang saat ini lebih memutuskan untuk melamar kerja di perusahaan ketimbang membuka lapangan kerja sendiri, karena kurangnya modal keuangan, kemauan, atau bisa juga dikarenakan tidak memiliki keahlian khusus.

Era globalisasi saat ini mencari pekerjaan merupakan hal yang sulit, karena selain saingan yang sangat banyak, kita juga dituntut untuk memiliki statuts pendidikan yang baik, pengalaman bekerja ataupun skill diatas rata-rata.

Di bawah ini merupakan poin – poin penting yang perlu di perhatikan seseorang dalam membuat Surat lamaran kerja yang akan di kirimkan kepada HRD di suatu perusahan.

  1. Pengalaman kerja
  2. Kualifikasi dan kemampuan
  3. Surat lamaran mudah dibaca dan dipahami
  4. Prestasi ketika bekerja di perusahaan lain
  5. Menggunakan Ejaan bahasa yang baik
  6. Pendidikan
  7. Kepribadian dan sikap (Individualitas atau keinginan)
  8. Tujuan
  9. Keyword
  10. Informasi kontak
  11. Skill atau pengalaman pribadi sebelum bekerja
  12. Ketrampilan computer

Identitas Pribadi
  • Nama
  • Alamat
  • Tempat dan tanggal lahir
  • Nomor handphone
  • Email
  • Foto letakanlah di pojok kanan atas surat lamaran kerja anda

Untuk membuat Surat lamaran kerja anda dapat mencontoh format penulisannya saja, dan konten dalam tulisan tidak boleh copy paste. Surat lamaran kerja yang anda tulis harus original dan kreatif.

Contoh surat lamaran kerja yang sangat sederhana

Kepada Yth.,
Bapak/Ibu Personalia
PT Wijaya Karya Bangunan Gedung (WIKA Gedung)
Jln DI Panjaitan Kav 09 Jakarta
Jakarta 13340

Dengan hormat,
Sesuai informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT Wijaya Karya Bangunan Gedung (WIKA Gedung) yang saya dapatkan dari harian Suara Merdeka Semarang pada tanggal 28 Desember 2014. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Project Engineer di perusahaan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung (WIKA Gedung).

Berikut ini adalah biodata singkat saya
Nama                : Sukarman
Tempat / tgl. lahir : Kendal, 14 Agustus 1994
Pendidikan Terakhir : S1 Tehnik Mesin Universitas Diponegoro
Alamat              : Jl. Pahlawan, No. 2
Telepon (HP)        : 085609566788

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto Copy Ijazah terakhir
  • Foto Copy Transkrip Nilai
  • Foto Copy Sertifikat Kursus dan Pelatihan kerja
  • Foto 3x4 yang terbaru

Dan pada saat ini saya dalam keadaan yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Selain itu kemampuan berbahasa Inggris saya sangat fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dalam bekerja, dan latar belakang pendidikan saya cukup memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan beberapa software komputer dengan baik, seperti Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih detail lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya informasikan, terima kasih atas kerjasama dan perhatian Bapak/Ibu Personalia.

Hormat Saya,

Sukarman

Demikian tips dan contoh dalam membuat surat lamaran kerja yang sangat sederhana yang admin informasikan, semoga pembahasan mengenai surat lamaran kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Bagi rekan-rekan pengunjung blog dengan url http://contoh2suratlamaranpekerjaan.blogspot.com yang ingin meyimpan sebagai dokumen tambahan silahkan di COPY PASTE, siapa tahu suatu saat bermanfaat dapat berguna untuk kelancaran karir anda,,,,,salam sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Surat Lamaran Kerja CV